Puskesmas Malinau Kamis 17 Juni 2021 menggelar orientasi kelompok asuhan mandiri (ASMAN) tanaman obat keluarga (TOGA). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Malinau ini sebagai bagian dari program Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad).
Pengenalan dan pembekalan ilmu TOGA diberikan oleh Bidang Pelayanan Kesehatan, Seksi Primer dan Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan kepada para Kader ASMAN TOGA yang ada di wilayah Puskesmas Malinau.

Kegiatan berlangsung lancar dan peserta sangat antusias mengetahui banyaknya tanaman di sekitar mereka yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu juga dilaksanakan praktek membuat ramuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari bahan Jahe, Temulawak dan Daun Pegagan. Ramuan tersebut langsung bisa dinikmati oleh semua peserta.

Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para kader ASMAN TOGA mampu membentuk kelompok ASMAN TOGA. Dimana dalam satu kelompoknya terdiri dari 5-10 keluarga serta memberikan ilmu yang didapatnya sehingga tercipta taman-taman toga di sekitar rumah kelompok asman tersebut.

Setelah mendapatkan ilmu, kelompok ASMAN TOGA diharapkan memanfaatkan TOGA untuk pencegahan penyakit dan penanganan gangguan kesehatan ringan secara alami, mandiri, lebih mudah dan lebih hemat. Sebuah alternatif lain yang dapat digunakan selain obat untuk mencegah atau mengatasi gangguan kesehatan ringan seperti pusing kepala dan nyeri sendi.