Kamis, 24 Juni 2021 bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dilaksanakan rapat koordinasi dan kolaborasi stakeholder internal dinas kesehatan untuk komitmen bersama tentang Strategi Pelacakan Untuk Peningkatan Pemeriksaan Antenatal Care Sesuai Standar pada Ibu Hamil Melalui Kunjungan Rumah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (SI CANTIK BUMILKU).

Adapun yang melatar belakangi SI CANTIK BUMILKU salah satunya yaitu sesuai dengan Permenkes No.4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, dimana masih belum tercapai 100% pelayanan kesehatan ibu hamil sesuai standar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Rapat ini dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dr.Hj Siti Zainab, SI CANTIK BUMILKU merupakan salah satu terobosan Kadinkes Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan ANC pada ibu hamil sesuai standar, salah satu caranya dengan melakukan kunjungan rumah. Diharapkan SI CANTIK BUMILKU ini dapat meningkatkan capaian pelayanan kesehatan ibu hamil sesuai standar sehingga nantinya dapat menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Untuk itu diperlukan komitmen dan kerjasama serta dukungan stakeholder terkait untuk keberhasilan SI CANTIK BUMILKU di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.