Kamis, 1 Juli 2021 Bertempat di Aula SKB Kandangan Kab.Hulu Sungai Selatan dilaksanakan Pertemuan Survielans Kesehatan Ibu dan Anak Audit Maternal Perinatal Survielans ( MPDN – AMPSR).

Penurunan AKI dan AKB merupakan prioritas Nasional dan Global untuk mencapai target SDGs di Tahun 2030. DATA Kematian ibu dan bayi baru lahir sangat diperlukan sebagai dasar pengambil kebijakan dan strategi dalam upaya penurunan AKI dan AKB.

Survielens adalah salah satu cara untuk mendapatkan data kematian dari total populasi yang diperoleh melalui mekanisme survey dan pelaporan.
MPDN ( MATERNAL PERINATAL DEATH NOTIFIKASI) adalah aplikasi yang mempermudah pelaporan kematian ibu dan bayi menggunakan jejaring internet, data di input melalui aplikasi MPDN kemudian di laporkan dan di verifikasi dan di simpan di server kementerian kesehatan RI.

MPDN bersifat pemberitahuan awal (Notifikasi) tentang kematian ibu dan bayi, selanjutnya data survielens yang diperoleh akan menjadi bahan untik analisis dalam lokakarya pengkajian AMP dan rekomendasi hasil AMP agar kemayian tidak terulang di masa mendatang.
Agar penggunaan aplikasi tepat cara penginputan data maka Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan bidang Kesmas dan SIK seksi Kesmas melaksanakan kegiatan Audit Maternal Survielens dan Respon (AMPSR) menggunakan aplikasi MPDN Kamis, 01 Juli 2021 dengan memanggil Narasumber dari Dinkes Provinsi kalsel Ibu WINDARTI, S. ST, M. Kes. Peserta kegiatan terdiri dari bidan Koordinator, bidan puskesmas, bidan desa, bidan Rumah Sakit.