Kamis (01/09/22), bertempat di Aula Gedung Kesenian Kandangan dilaksanakan pertemuan Riview Kinerja KPM Aksi Integrasi Stunting Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan, acara dibuka Kepala Bidang Kesmas dan SIK Dinas Kesehatan Kab. HSS Daru Priyanto, SKM, peserta di hadiri oleh Kepala Desa yang telah membentuk Posyandu Remaja, Kader Posyandu Remaja dan Pengelola Program PKPR, acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan pemberi materi narasumber dari Bapelitbangda Kab. HSS Ibu Normaya Ratnani,ST Dinas PMD Provinsi kalsel Yassiana Damhudie dan Dinas PMD Kab.HSS H. Fitriansyah.

Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah warga masyarakat desa yang dipilih melalui musyawarah desa untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat desa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia di desa .Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah warga masyarakat desa yang dipilih melalui musyawarah desa untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat desa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia di desa, secara lebih spesifik, KPM memfasilitasi pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa, KPM berasal dari masyarakat sendiri seperti kader Posyandu, guru PAUD, dan kader lainnya yang ada di desa.

Tujuan pembinaan KPM adalah untuk memastikan mobilisasi KPM di seluruh desa berjalan dengan baik dan kinerja KPM dapat optimal sesuai dengan tugas dan perannya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah kabupaten/kota agar pembinaan KPM berjalan baik meliputi:
a. Penentuan tugas KPM dalam pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa.
b. Pengidentifikasian ketersediaan sumber daya dan operasional pembiayaan KPM.
c. Pengembangan sistem insentif berbasis peningkatan kinerja KPM.
d. Pensinergian kinerja KPM dengan Dinas Layanan (OPD) terkait upaya pencegahan dan penurunan stunting.

Aplikasi eHDW (Human Depeloment Worker) merupakan aplikasi seluluer berbasis android sebagai alat bantu KPM, tujuannya untuk membantu Desa dan KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di Desa, sebagai solusi digital yang mempermudah Desa dan KPM dalam pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan.