Selasa,(27/09/22) bertempat di Aula Gedung Kesenian Kandangan di Laksanakan pertemuan Peningkatan Kapasitas dalam Komunikasi Antar Pribadi dalam pencegahan dan penurunan stunting, Implementasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dan Pemberdayaan Masyarakat Tingkat Kabupaten, Acara di buka Kepala Bidang Kesmas dan SIK Dinas Kesehatan Kab. HSS Daru Priyanto,S.KM, Peserta di hadiri oleh Kader Kesehatan di Posyandu, pemberi materi narasumber dari Dinas Kesehatan provinsi kalsel Bapak H. Mursidi,S.KM,M.Kes.

Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Kesehatan Masyarakat melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader dalam Komunikasi antar Pribadi (KAP) bagi Kader Kesehatan di Posyandu.
Secara Umum kegiatan ini bertujuan untuk mencapai dan mewujudkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat melalui komunikasi antar pribadi dalam percepatan dan pecegahan stunting. Secara khusus tujuan kegiatan ini agar peserta mampu mengimplementasikan metode komunikasi antar pribadi, peserta diharapkan kompeten menjelaskan dalam pencegahan stunting, mampu melakukan bina suasana dan kemitraan lintas program dan lintas sektor, membangun partisipasi masyarakat dalam percepatan pencegahan stunting, menentukan metode dan media KIE yang tepat dalam pencegahan stunting, dan memfasilitasi KAP dalam percepatan pencegahan stunting.

Isri Wahyuni Rahmahani selaku Subkoordinator Kesmas menyampaikan harapannya dari pelatihan ini nanti akan membentuk kader-kader yang kompeten melakukan komunikasi kepada sasaran yang tujuan jangka panjangnya adalah untuk merubah perilaku sasaran seribu hari.
“Dengan demikian kita berharap tidak ada lagi nanti anak-anak yang terlahir dari keluarga generasi yang mengalami gagal tumbuh, gagal gangguan atau gangguan kecerdasan dan yang terakhir kita berharap generasi masa depan terbebas dari gangguan penyakit metabolisme”.